Halaman

Kamis, 28 Januari 2010

Tutorial photoshop: Membuat foto menjadi 3D



Aku cuma mau berbagi ilmu photoshop yang masih seiprit ini, bukankah ilmu akan menjadi berkah bila kita mengajarkannya. maafkan aku bukan maksud untuk menggurui dalam artikel ini.

Pertama, siapkan foto yang mau diedit.
Kemudian duplicate background dengan klik:  layer > duplicate layer atau tekan Ctrl J


Setelah diduplikat. Klik background, lalu tekan Ctrl+Backspace pada background untuk membentuk warna putih pada background.


Kemudian klik pada layer 1 dan klik: select > Transform selection atau tekan Ctrl T. Kecilkan ukuran layer 1. Setelah itu duplikat layer 1, dengan menekan Ctrl J.


Kemudian ubah warna layer 1 menjadi warna hitam. Sebelumnya tekan: X sehingga warna foreground menjadi hitam. Lalu klik: Ctrl+layer 1, setalah itu tekan Ctrl+Backspace. Hasilnya layer 1 akan menjadi warna hitam. Perhatikan gambar.




Setelah itu klik layer 1 copy. Lalu putar kanvas dengan cara klik: Image > Rotate canvas > 90 CW.

Setelah selesai Klik:  filter > Distort > Shear . Lalu atur settingnya seperti gambar.


Kemudian putar kembali kanvas dengan klik: Image > Rotate canvas > 90 CCW
Langkah selanjutnya klik pada layer 1 (layer yang berwarna hitam). Lalu klik: Filter > Blur > Gaussian blur. Setelah itu atur seting seperti gambar (atau atur sesuka hati anda).


Setelah selesai gunakan Polygonal Lasso Tool dan buat bentuk seperti di bawah dan buat layer baru dengan menekan Shift+Ctrl+N. Jika telah selesai pilih menu Select > Modify > Feather atau tekan Alt+Ctrl D, beri nilai 25.


Kemudian Klik Create a new layer. Klik Edit > Fill atau tekan Shift+F5. Dan pada jendela yang muncul isi bagian Use dengan Background Color, lalu pilih warna putih, Mode : Normal dan Opacity : 100%. Kemudian klik Ok. 


Setelah  itu kurangi opacity dan fill: 50% (atau sesuka anda) dan hilangkan seleksi dengan menekan Ctrl+D.

Jika anda mengikuti cara-cara di atas dengan benar maka hasil akhir dari pembuatan foto 3D ini adalah seperti berikut. Mudah bukan?






1 komentar: