Kamis, 24 September 2009

masa indah


Seharian kada membuka FB sekalinya banyak note-note sahabat yang menurut ku bermutu bermunculan. Kenapa coba nggak dari dulu note-note kaya gini bermunculan. Bukan cuma sekedar puisi ato sumpah serapah yang kada nyaman lalu dilihat, dulak ku membacanya. Beberapa sahabat ada yang nulis doa yang masih belum diijabah, lagu simple plan yang memotivasi hidup, ada juga menulis tentang potret kemiskinan negeri ini, referensi buku, bahkan pengalaman membeli sepatu baru (keren lalu jar ai).

Sebenarnya nggak ada mood menulis lagi. Tapi melihat hal ini, panas kawan nah. Maka dari itu untuk memeriahkan dunia note perfesbukan, aku kada mau kalah nah…. Walaupun tulisan sampah ku ini tidak bermutu bagi kalian. Tapi setidaknya dengan hal kecil inilah, aku bisa ikut andil memberikan hal positif bagi dunia… kada usah banyak basa-basi lagi gen.. baca sampai habis lah, jangan di’back sayang pulsa sudah membuka note ini… mun ada kritik bari komen lah, mun ketuju di’like, mun kada ketuju di’like jua gen. Apa salahnya mehimungi urang lo???





DUNIA YANG PERNAH KITA LALUI

Siapa yang dengan semangatnya menceritakan kembali film ksatria baja hitam yang telah ia tonton. Padahal teman yang dicerikannya juga menonton film itu.

Siapa yang menghibur temannya ketika menangis, dengan kata “ci luk ba” kemudian dengan ajaibnya yang tadinya ia menangis langsung tertawa.

Siapa yang berlari-lari dengan riangnya serasa sudah bisa terbang karena memakai baju “panji manusia millennium”

Siapa yang dengan semangat mengkuritis aspal jalanan untuk merekatkan tempurung untuk dijadikan logo.

Siapa yang dengan bebasnya manjat pohon jambu siang-siang tanpa rasa bersalah mengambil buahnya, padahal itu bukan pohon miliknya.

Siapa yang baru juara makan kerupuk aja sudah merasa sombong, dengan membawa hadiah 2 buah buku + penggaris n’ pensil.

Siapa yang terkagum-kagum mendengar kisah-kisah mukjizat nabi dan rasul, dengan mata berbinar dan senyum yang lebar.

Siapa yang dengan gugupnya menyusuri jalan belakang rumah yang bersemak semak, merasa ia telah berpetualang menyusuri hutan rimba yang luas.

Siapa yang ketika sakit tingkahnya bak seorang raja, minta ini minta itu pasti tersedia.

Siapa yang berdecak kagum ketika diceritakan keadaan surga dan langsung mengerenyitkan dahi ketika diceritakan keadaan neraka.

Siapa yang tertawa lepas bermain bola ketika hujan, dan setelah pulang menangis jingkar dimamai kuwitan

Siapa yang bila ditanyaai tentang cita-cita selalu berganti-ganti jawabannya, tapi tidak pernah berbeda dari 4 pilihan ini: presiden, dokter, polisi, pilot.

Siapa yang merasa sayang membelanjakan uang yang baru keluar dari bank, merasa uang itu telah sangat langka.

Siapa yang dengan mudahnya mendapatkan uang pada waktu lebaran, mengumpulkan amplop demi amplop. (hal inilah yang paling kurindukan sekarang)

Siapa yang dengan semangatnya mencabut rumput, daun, n’ bunga lalu dicampur-campur hingga ia merasa menjadi koki yang handal.

Siapa yang tangguh merantau jauh kekampung orang untuk bermain kelereng ditengah hari yang panas.

Siapa yang tertawa riang gembira mandi disungai yang jernih sambil mencari kepiting dengan teman-teman yang gila.

Siapa yang gila mengambil ranting kayu besar untuk membuat kemah diatas pohon yang tinggi.

Siapa yang dengan beraninya bermain petasan didekat mesjid, ketika banyak orang sedang melakukan tarawih.

Siapa yang menghabiskan hari minggunya dari jam 7-12 untuk melihat film kartun kesukaannya.

Semua hal diatas adalah secuil memori kenangan indah penulis, dan aku yakin kenangan indah masa kecil pembaca juga. Kita yang masih anak-anak beberapa tahun yang lalu merasa senangnya menjalani hidup tanpa memperdulikan makan apa hari ini?, kewajiban apa yang belum ku laksanakan?, masalah apa yang sedang aku hadapi?. Hidup rasanya pada waktu itu bagaikan seorang burung yang terbang bebas tanpa memperdulikan daratan untuk hinggap. Ingin rasanya aku kembali dimasa kecil, ketika kenakalan yang ku lakukan hanya dianggap sikap jahil yang wajar dilakukan seorang anak. Ketika sikap manja menjadi pelengkap menemani hari. Ketika tangis air mata menjadi senjata ampuh penakluk hati orangtua.

Nostalgia memang asyik, anak-anak dengan segala keliaran fantasinya, kebebasan imajinasinya. Anak-anak dengan semua hal yang baru ditemuinya. Mendengar hal berbeda tanpa prasangka, melihat dunia dengan kejujuran yang nyata. Berbicara dengan kepolosan yang sempurna. Anak-anak dengan semua ketidak-terikatannya dengan waktu yang terjadwal, kewajiban yang harus dilakukan, amanah yang harus diemban, dosa yang menghantui, masalah hidup yang mulai kompleks. Begitu indahnya dunia anak-anak, tapi sayangnya kita telah meninggalkan dunia itu.

Kini saatnya kita merenung kita bukan anak kecil lagi yang menghabiskan hari untuk hal-hal yang kita senangi saja. Kita mempunyai satu impian besar untuk menggapai impian dan cita yang tidak semudah seperti menaikan layang-layang. Kita mengemban amanah besar dari sang pencipta dan orangtua. Kita sedang berada pada fase kedewasaan berfikir, dewasa bukan soal umur yang makin menua. Dewasa yang jelas bukan kembali menjadi anak kecil lagi. Dewasa menjadikan kita berfikir jauh kedepan. Karena kita sudah jauh meninggalkan fase anak-anak.

Waktu terus berputar kawan, tanpa memperdulikan kita sudah siap atau belum berjalan. Kini saatnya kita menginstropeksi diri, sifat anak-anak apakah yang masih melekat dalam diri kita? ego apakah yang sekarang menjerumuskan kita? Apakah kita sudah pantas mengemban predikat agent of change. Karena kitalah calon-calon pemimpin masa depan. Dengan atau tanpa kita dunia akan berubah, dan yang sekarang menjadi tanda tanya. Kearah manakah perubahan itu???

Pilihan hidup ada ditangan kita masing-masing. Karena kitalah yang menjalani hidup ini, mau mundur kebelakang, berhenti, atau terus melangkah kedepan.

Semoga kita bisa berubah menjadi lebih baik, menjadi lebih dewasa dalam menghadapi hari, membuang sifat kekanakan yang menghambat diri. (salah satu harapan yang sekarang sulit kuwujudkan, tapi pasti akan terwujud. Cepat atau lambat)

(24/09/09_01.45_dikala insomnia makin menggila)
Referensi: badaiotak yang dibari ridwan.

Jumat, 04 September 2009

Percakapan aku dengan seorang atheis


Pengalaman ini terjadi ketika aku berada di-beijing beberapa pekan lalu. Pada suatu malam disana aku benar2 ga ada kerjaan. Mau keliling hotel, sudah bosan ngeliat karyawan hotel yg ganteng2 (hahay ada kelainan nie). Ya udah aku memutuskan untuk keluar hotel menuju salah satu taman kota lupa namanya (habisnya tulisan orang cina pada ga rapi, bagusan anak TK yg nulis. Mirip benang kusut semuanya..hahay)

Setelah berada ditaman kota, aku duduk termenung memikirkan bagaimana ya kabar Indonesia setelah 4 hari kutinggalkan. Pasti rakyat2nya sangat merindukan aku (hahay najis mah) disela2 lamuananku, aku melihat air mancur yg berada tidak jauh dari hadapanku dengan lampu2 hias yg elok dipandang mata. Meliat hal ini lagi2 aku teringat dengan Indonesia. Kalau diIndonesia lampu hias itu pasti tidak akan berumur panjang, dinding2 air mancur itupun akan menjadi semakin semarak dengan tulisan2 aneh yg membuat mata kita berdecak kagum n’ mengambil kesimpulan orang Indonesia ternyata mempunyai bakat menulis yg tinggi.

Tak beberapa lama ada seseorang yg mengusik kesendirianku. Seorang bapak2 yg aku yakini dia bukan warga negara sini. Soalnya mata orang itu terlihat segar n’ tidak mengantuk. Ngga kaya warga disini, matanya kaya orang yg mau tidur. (“stress lu itu bawaan dari orok) oh iya kah baru sadar neh.

Bapak itu langsung menyapaku n’ menanyakan beberapa pertanyaan. Sebelumnya, kami melakukan percakapan dengan bahasa inggris. Tapi tenang aja khusus buat kalian aku langsung menerjemahkannya buat kalian.
B: bapak. S: saya
B: hai, boleh kenal? Siapa namamu?

S: tentu, nama saya ferry, ferry irawan.

B: ohh, nama saya david. Anda berasal dari mana?

S: saya berasal dari Indonesia, kamu?

B: saya berasal dari belanda. Kalau boleh tahu kamu mempunyai agama?

S: ya, saya seorang muslim.

B: oh ya, kenapa kamu memilih islam. Apakah itu karena kedua orang tuamu
adalah seorang muslim?

S: ya anda benar sekali.

B: apakah kamu percaya dengan adanya tuhan ???

S: ya saya sangat percaya. (melebihi keyakinan saya bahwa hasil 1 + 1 adalah 2)

B: oh ya??? Pernah berpikir ga kalo tuhan itu benar2 ada???

S: untuk apa saya berpikir kalo tuhan itu nggak ada. Karena saya merasa sangat meyakini keberadan tuhan saya.

B: seberapa besar sih keyakinan anda kalo Ia memang ada???

Suasana makin memanas, bukan karena dia mencoba melakukan tindak pelecehan seksual. Tapi kalo sudah mulai menjurus mempengaruhi akidah seseorang emosi ini mulai bangkit.he.. Belum sempat aku menjawab pertanyaannya. Dia langsung nyerocos aja.

B: anda pasti mengetahui apa fungsi mata?

Bego juga nie bule, orang buta juga mah tahu fungsi mata itu untuk ngeliat

S: untuk melihat sebuah benda kan???

B: ya benar sekali. Mata berfungsi untuk melihat, dan bila kita melihat sesuatu pasti kita akan meyakini keberadaannya kan.

S: iya!!!

B: sekarang coba kamu lihat anak kecil disana (sambil menunjuk sekelompok anak kecil yg sedang lari2an didekat air mancur). Apakah kamu melihat mereka???

S: iya!!!

B: apakah anda meyakini keberadaan mereka???

S: iya

B: sekarang coba kamu lihat tangan saya (sambil memperlihatkan tangannya yg sedang mengenggam sesuatu). Dan coba lihat apa yg saya genggam tadi(sambil membuka genggamannya)

Mau maen sulap ya omm.

S: nggak ada apa2.

B: ya anda benar sekali. Sekarang apakah kamu meyakini keberadaan sebuah benda ditangan saya???

Sekarang saya baru mengerti tentang arah pembicaraannya nie bule. Pasti nie bule seorang atheis yg sedang cari mangsa.
S: nggak!!!

B: ya, jadi ini lah yg saya ingin sampaikan. Anda tidak bisa melihat apa yg saya genggam tadi. Dan anda tidak meyakini keberadaan benda yg saya pegang. Begitupula halnya dengan hakikat tuhan. Anda pasti tidak pernah melihat sosok tuhan anda??? Bagaimana anda bisa sangat mempercayai keberadaan tuhan anda???

Haha, sekarang aku benar2 sadar. Kalo sekarang aku sedang berbicara dengan seorang juru dakwahnya atheis (emank ada? Hahay). Tapi sepertinya nie bule baru belajar apa itu atheis. Ilmunya masih kaya curut men. Langsung aja aku menjawab penjelasan nie bule dengan sekenanya.

S: hahh, anda ingin ngeliat tuhan??? Saya mau tanya satu hal.. apakah anda bisa ngeliat mata anda sendiri (tanpa bantuan apapun)??? Nggak kan??? Bagaiman anda mau melihat tuhan yg maha besar kalo melihat mata anda sendiri aja masih belum bisa. Bagaimana anda mau melihat sosok tuhan kalo melihat suatu benda yg sangat kecil seperti mikroba saja anda masih belum bisa. Mata adalah bagian tubuh yg memiliki batasan, bagaimana bisa anda ingin melihat tuhan yg tak terbatas??? Bagaimana anda mau melihat tuhan yg sangat luar biasa dengan mata yg ngeliat sesuatu dibalik dinding saja tidak bisa…

Langsung saja aku meninggalkan tu bule. Yg lagi meratapi nasib. Kenapa ilmu atheis gue cuma sampai disini.


*cerita ini hanyalah fiktif belaka jika ada persaman tokoh, tempat kejadian, n’ alur cerita ini bukan unsure kesengajaan
Mana mungkin bagian km percaya kalo aku bisa ngomong pake bahasa inggris.hahay

Selasa, 04 Agustus 2009

Pribadi terbaik…!!!


Sambungan dari SIAPAKAH IDOLA LOE???

Alhamdulillah akhirnya bisa ngelanjutin kembali sambungan dari artikel sebelumnya. Walaupun sempat ga ada semangat untuk nulis, tapi tiba2 aku teringat dengan kalimat motivasi yg pernah aku baca. para pemalas menggunakan MOOD sebagai alasan untuk tidak bertindak, sedangkan para penulis menendalikan MOOD untuk menghalau kemalasan.

Sebenarnya pada artikel siapakah idola loe??? Mendapatkan sebuah kritik yang sangat bagus dari salah seorang sahabat. Dia mengatakan bahwa kata idola berasal dari bahasa inggris, idol yang artinya tersirat sebagai sesembahan (berhala). Tapi menurut pendapat pribadiku sendiri idola adalah sosok manusia yang mampu merubah dan memotivasi kita menuju arah yang lebih baik, tanpa menuhankan sosok tersebut. Tapi aku menghargai pendapat salah seorang sahabatku, dan agar tidak terjadi pro kontra kebahasaan…hahay.. maka kita ganti idola menjadi panutan, nggak beda jauhkan artinya.

Lalu siapakah sosok panutan yang aku rekomendasikan buat kalian semua???. Tanpa saya sebutkan namanya mungkin kalian semua tahu siapa sosok tersebut, Dan jawabannnyaaaa aadaaalllaaahhh…. Ya benar sekali dia adalah nabi Muhammad SAW. Sosok yang didalam Al Quran menjadi suri tauladan yang baik buat seluruh umat manusia.

Baiklah aku akan sedikit memberikan autobiografi panutanku, Nabi Muhammad SAW. Kalian pasti bosan ya, karena mulai zaman ingus lu masih dilap sama nyokap, sampe upil lu sekarang bewarna hitam n’ nangkring dibawah hidung lu. (itu kumis tolol) masih aja diceramahin tentang akhlak rasulullah. Eitss, tenang dulu sob aku nyampeinnya beda dengan ustadz2 yg sudah biasa ngeberi obat insomnia kalo lu lg dengerin ceramahnya. Ya minimal lu tetap meleklah, kalo masih ngantuk juga. Coba deh bayangin muka aku, insyaAllah, nggak ngantuk lagi. (PD banget lu fer..) “ya sekali2 bolehlah”

Beliau adalah orang besar, tak ada yang membantah diusia 12 tahun menjadi manajer unit usaha internasional Abu thalib sampai ke Syam, dan dialah sales yg menjadi kunci sukses kafilah dengan kejujurannya. Usia dua puluhan dia menjadi pengelola utama bisnis besar yang diinvestasikan Khadijah. Dia, entrepreneur dengan sifat terbaik: shiddiq (jujur). Amanah (kapabel), fathanah (smart), dan tabligh (informatif); sifat2 yang kini dirujuki teori enterprenureship modern.

Beliau seorang panglima, administrator militer yg tidak ada bandingannya dalam sejarah. Sepuluh tahun diMadinah, 30-an ghazwah beliau pimpin sendiri disamping 300-an sariyah (detasemen) yang beliau bentuk dan berangkatkan. Dari segi jumlah ini saja, Napoleon Bonaparte kebanggan Eropa, George Washington ataupun Simon Boliviar-nya Amerika latin tak mampu menandinginya.

Adakah orator dengan daya tahan sekaligus daya mempertahankan masaa seperti beliau??? Menjelang wafat beliau pernah berkhutbah setelah Shubuh sampai Dzuhur, dilanjutkan lagi sampai Ashar, lalu dilanjutkan lagi sampai Maghrib tanpa seorang pun bosan, tertidur, mengantuk, ataupun bersuara kecuali untuk memenuhi seruan beliau. Bahkan, sebagaiman dituturkan Tsauban dalam hadistnya, para sahabat begitu terbawa suasana sendu, semua mencucurkan mata, seolah khutbah itu merupakan salam perpisahan dari sang kekasih tercinta. Saya ragu, apakah Sukarno dan Napoleon III mampu menyamainya.

Popularitas beliau sangat melegenda bahkan sampai sekarang ini. Tahukah anda nama Muhammad adalah nama yang paling banyak dipakai didunia ini. Saya tak yakin jika Che Guevara dapat menyaingi popularitas beliau walaupun kaos oblong ataupun stiker didunia ini hanya bergambar wajahnya.

Adakah tokoh yang paling disegani didunia ini, selain beliau??? Bahkan setelah 14 abad meninggalnya beliau, Makamnya selalu dipadati manusia diseluruh penjuru dunia sepanjang tahun. Saya sangat ragu apakah makam raja pop dunia, Michael Jackson akan tetap ramai dikunjungi orang sampai 14 abad setelah dia meninggal???

Bentuk keagungannya berbeda dengan Kisra, Persia, n Qaishar romawi. Umar pernah menangis menyaksikan beliau tidur beralas tikar kulit kasar yang berbekas bilur. “Sungguh Ya Rasulallah, Kisra dan Qaishar bertelekan diatas bantal dan permadani suteranya, pelayan pun hilir mudik menyediakan keperluannya, sementara kedudukanmu disisi Allah jau lebih mulia…”, keluh Umar. Ini salah satu keluhan yang kurang beliau sukai, tapi dengan senyum termanis yang pernah disaksikan dunia, beliau jelaskan pada sahabat yang selalu bersemangat ini, “Apakah engkau tidak ridha mereka mendapatkan dunia sedang kita menyimpan akhirat wahai Ibnul Khaththab”

Beliau memang penguasa yang kekuasaannya tak kalah dengan kisra dan Qaishar, tentu beliau layak sejajar dengan mereka dalam fasilitas. Tapi yang beliau kuasai tak Cuma wilayah, rakyat, dan tentara.., yang beliau taklukkan adalah hati, untuk diseur bersama dan berpadu, mengesakan Allah, Ilah yang satu.

Beliau adalah sosok laki2 yang romantis, beliau adalah suami yang sempat mengajak isterinya balap lari(ciyee kaya pilm India). Atau meredakan kecemburuan sang istri dengan memencet hidungnya. Beliau membiasakan panggilan khumaira (yang kemerahan roman mukanya), aisy (Aisyah kecil) dan panggilan saying lainnya didalam rumah. Bahkan is wafat dalam pelukan – sambil berciuman sampai air ludah menyatu – dengan isteri tercinta (oww so sweetttt cwittt cwiiitt). Disela masa sibuk memimpin kaum muslimin beliau sempat menambal baju, membersihkan terompah, bahkan menggiling gandum dan memerah susu untuk sarapannya.

Beliau adalah Pemimpin besar dunia ini. Kalau dalam kepungan Ahzab para sahabat hanya mengganjal perutnya dengan satu batu karena lapar, tapi beliau mengganjal dengan dua batu. Tapi disaat itulah, disaat keadaan paling genting, ketika Madinah terjepit menunggu sapuan pasukan sekutu, beliau adalah yang paling tenang dan menenangkan, bahkan memberikan motivasi dengan sekutu yang ‘mustahil’ menurut pertimbangan akal.
Tetangganya begitu tentram, aman dari gangguan tangan dan lisannya. Bahkan unik, saat beliau dimusuhi di Makkah. Musuh yang ingin membunuh beliau pun masih percaya untuk menitipkan barang2 miliknya pada beliau.

Begitulah… kemuliaan tak pernah jemu mengiringi setiap langkah Rasulullah sejak sebelum nubuwwah. Lalu apa sebenarnya yang didustakan oleh kaum Musyrikin dari beliau? At Tirmidzi meriwayatkan dari Ali bahwa Abu Jahl pernah mengatakan. “Wahai Muhammad.. kami tidak mendustakan dirimu. Tapi kami mendustakan apa yang engkau bawa!”

Beliaulah sosok yang istimewa, yang mana perkataannya, perbuatannya, bahkan sikap diamnya adalah sebuah sunah yang sangat dianjurkan untuk diikiuti.

Diakhirat kelak kita akan bersama dengan orang yang kita cintai. Maka dari itu cintailah orang yang dapat membawa kita pada kenikmatan yang kekal…

REFERENSI

A. Fillah, Salim, 2005, gue never die, Yogyakarta: Pro-u media

Let’s visit my blog: makhluknyata.blogspot.com

Senin, 13 Juli 2009

Indonesia negara terkaya Part II (FORUM DISKUSI)


(FORUM DISKUSI)
Alhamdulillah akhirnya aku bisa ngelanjutin sambungan artikelku sebelumnya: “Indonesia Negara terkaya didunia”. Masalahnya akhir2 ini sibuk banget sob, sibuk ngelamun ama tidur.
Kekayaan alam Indonesia, mestinya menjadi satu kebanggaan bagi bangsa yang berpenduduk 200 juta ini. Namun realitas ini seolah menjadi fatamorgana, ketika bangsa Indonesia hanya bisa “melongo” saat menyaksikan PT.Freeport sejak era Soeharto mengeruk kekayaan Indonesia di Papua.
Berbagai usaha telah dilakukan oleh sejumlah elemen bangsa (termasuk pemerintah) untuk membangkitkan Indonesia dari keterpurukannya. Namun, nampaknya usaha itu seolah menjadi angin lalu yang belum atau bahkan sulit untuk mewujudkan impian seluruh masyarakat Indonesia, khususnya ummat Muslim. Lalu mengapa hal itu bisa terjadi?
Semenjak corak perekonomian berubah arah menuju Kapitalistik, bahkan belakangan menjadi lebih liberal, sedikit demi sedikit berbagai asset negara dijual kepada asing dengan alasan memperbaiki kinerja dan penyelamatan APBN. Hal ini sangat nampak terutama saat Presiden Megawati memimpin negeri ini. Padahal, sudah jelas dalam UUD pasal 33 dijelaskan bahwa seluruh asset yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai negara dan digunakan sebesar-besar kemakmuran rakyat. Sebagai contoh, PT Freeport yang sudah mengangkangi tambang emas terbesar di dunia ini, telah bercokol di Indonesia sudah lebih dari setengah abad. Pemasukan yang diperoleh Freeport McMoran dari PT Freeport Indonesia, dan PT. Indocopper Investama (keduanya merupakan perusahaan yang beroperasi di Pegunungan Tengah Papua) mencapai 380 juta dollar (hampir 3.8 trilyun) lebih untuk tahun 2004 saja. (www.walhi.or.id) Selama 3 tahun hingga tahun 2004, total pengasihan PT. Freeport kepada Republik Indonesia hanya kurang lebih dari 10-13 % pendapatan bersih di luar pajak atau paling banyak sebesar 46 juta dollar (460 milyar rupiah) (idem). Belum lagi penguasaan blok cepu oleh Exxon Mobile, di mana Indonesia benar-benar dipermalukan dengan prosentase keuntungan untuk negeri ini hanya sebesar 0% ! hanyaaa???
Padahal, berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Lingkaran Survey Indonesia, Masyarakat Indonesia sebagian besar tidak setuju (69.7%) munculnya perusahaan asing yang mengelola kekeyaaan alam Indonesia. Hanya 9.7% yang setuju / sangat setuju. Alasan ketidaksetujuan, sebagian besar (32.2%) karena kekayaan alam itu berada di Indoensia sudah selayaknya kekayaan alam itu dikelola oleh perusahaan asal Indonesia.( www.lsi.co.id. 11/08/2006)
Bila saja seluruh asset ini benar-benar dikelola oleh negara, maka Insya Allah, biaya pendidikan mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi sangat mungkin menjadi gratis, paling tidak murah. Dan kemiskinan dan pengangguran yg sekarang melekat pada bangsa kita sangat mungkin dapat teratasi.
Dalam sebuah artikel khusus harian Republika dilaporkan bahwa omset tahun 1993 dari 14 konglomerat Indonesia terbesar yang tergabung dalam grup Praselya Mulya, diantaranya Om Liem (Salim Group), Ciputra (Ciputra Group), Mochtar Riady (Lippo Group), Suhargo Gondokusumo (Dharmala Group), Eka Tjipta (Sinar Mas Group) mencapai 47,2 trilyun rupiah atau 83 % APBN Indonesia tahun itu (Purnawanjati,Siddiq. Membangun Ekonomi Alternatif Pasca Kapitalisme). Ini menandakan, bahwa lebih dari 80 % perputaran uang di Indonesia, hanya berkutat pada segelintir orang saja. Sementara sisanya, terbagi ke seluruh wilayah di Indonesia dengan penduduknya sejumlah 200 juta jiwa. Maka wajar apabila kemiskinan semakin merajalela, memperbesar jurang antara si kaya dan si miskin.
-AKAR MASALAH DAN SOLUSINYA-.
Setelah melihat fakta yg bisa sedikit aku sajikan diatas, mungkin para pembaca artikel ini bisa menarik kesimpulan bahwa apa yg menjadi akar permasalahan keterpurukan bangsa kita. Aku disini tidak akan menulis apa yg menjadi akar masalah dan bagaimana solusinya untuk mengatasi keterpurukan bangsa ini. Karena aku ingin meminta partisipasi dari para pembaca artikel ini untuk menulis pemikiran kalian untuk bangsa KITA ini, sehingga kita dapat menarik kesimpulan dari berbagai sudut pandang yg menilai keterpurukan bangsa kita.
Sebelum dimulai forum diskusi ini diharapkan para pembaca bisa mematuhi aturan yg aku buat sehingga, forum ini bisa menjadi hidup dan sehat, diantaranya adlh:
1. Seseorang tidak boleh mengeluarkan pendapat yg berhubungan dengan SARA (Suku, Agama, Ras, n’ Antar GOLONGAN)
2. Seseorang diharapkan menyampaikan pendapat secara singkat, sederhana dan jelas. Kecuali, jika anda bisa mengeluarkan data2 empiris(boleh z tepanjang sedikit). Tapi kalo hanya menyampaikan kalimat argumentasi saja, diharapkan singkat dan jangan tebulik2
3. Dilarang memberikan pendapat dengan nada emosi, apalagi menghina, mengejek, n’ mengecam pendapat orang lain. Karena disini bukan ajang debat. Hanya sekedar mengukur apakah generasi muda sekarang sudah kritis dlm menghadapi permasalahan bangsa
4. Seseorang dapat menyanggah pendapat orang lain. Dengan cara mempertegas pendapat anda sebelumnya, ataupun merespon pendapat orang lain, tetapi dilarang menyalahkan pendapat mereka. Dan tidak diperkenankan melakukan aksi intervensi yg menyatakan pendapat kitalah yg paling benar dan semua orang harus mengikuti pendapat kita. Bila anda ingin menyatakan bahwa pendapat andalah yg terbaik untuk bangsa ini, dan diharapkan semua orang mengikuti pendapat anda. Diharapkan anda tidak melakukan hal itu diforum ini. Silahkan anda melakukan pemahaman2 pemikiran itu diluar forum ini. Karena forum ini hanya untuk melihat pendapat semua orang tentang masalah bangsa ini dari berbagai sudut pandang.
Oh iya disini aku bertindak sebagai moderator (hahay) yg bersikap netral. Dan mengawasi jalannya forum ini, tapi aku kada mungkin pang OL tarus(habis duit dingsanak). Jadi dimohon agar yg ingin memberikan pendapat bisa mematuhi peraturan2 diatas.
Diharapkan partisipasi kalian semua disini. Bila memang kalian mencintai bangsa ini. Memang terlihat sangat rendah rasanya, menilai rasa cinta negara ini dengan cuma sekedar memberikan komentar pada artikel ini. Tapi setidaknya dari hal kecil inilah dapat terlihat siapa yg mencintai negara ini (dengan berusaha memberikan pendapat kenapa dan apa solusinya, mengapa bangsa ini terpuruk) atau yg cuma bisa omong doang ongkang2 kaki merasa tidak ada masalah dinegara ini. Jika memang anda merasa pendapat anda sudah terwakili. Mohon tetap memberikan pendapat anda, karena disini kuantitas (jumlah pendapat yg sama) juga berpengaruh nantinya dalam mengambil kesimpulan..(hahay)
Diharapkan kita semua dapat menemukan titik temu atas persoalaan yg sekarang melanda bangsa kita. InsyaAllah aku akan memberikan kesimpulan atas pendapat2 anda nantinya, sehingga nantinya generasi muda seperti kita ini bisa mampu membawa nasib bangsa kedepan menjadi lebih baik, karena kita sudah mengetahui apa yg menjadi akar masalah dan solusinya atas keterpurukan negara kita.
Nb: Ini bukan untuk muslim saja, yg non-muslim pun bisa memberikan pendapatnya... Yg ngga di-tagpun berhak memberikan pendapat...
Let’s visit my blog: makhluknyata.blogspot.com
Blog temen yg isinya keren: mafahimcenter.wordpress.com

Indonesia, Negara terkaya di dunia..


Sekarang gw baru sadar klo INDONESIA ADALAH NEGARA TERKAYA DIDUNIA. mungkin pernyataan gw ini sangat kontroversial. Lebih kontroversial ketimbang Dani ahmad berhasil menjadi presiden RI. Dan sepertinya para buruh2 bangunan sdh nyiapin batu bata bwt nimpuk kpla gw n’ para pengemis sdh berdemo didepan rumah menuntut gw mengklarifikasi kta2 gw, bussssyeeet daaaahhh. Mungkin banyak hujatan yg gw dapat, seperti: ‘tu mulut ga pernah diruqiyah ya’ ato ‘gila lo fer, emak lo ngidam apa seh jadi bisa ngelahirin anak mutan kaya lo ini’

Santai bro, gw ga cari sensasi kok. Gw ga akan ngomong klo ga ada bukti kok. Karena moto hidup gw adlh “talk less, do more” (maksa banget). Gw dpt ide nulis ini setelah browsing2 n’ dpt artikel yg membwt gw miris bgt. Karena ternyata Indonesia itu kaya bangeeett. Tapi mengapa rakyatnya keliatannya masih miskin. “keliatan lo bilang fer?” eh salah rakyat Indonesia masih miskin.

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar didunia yg terdiri dari 17.504 pulau. Bisa dibayangkan ga, berapa ton iwak seluang lawan pepuyu yg bisa dipanen dlm setahun di 17.504 pulau itu? (Jayus am). Indonesia memiliki panjang pantai sekitar 81ribu km2 n’ yang pasti perairan kita sgt luas dan sumber kelautan kita pasti sgt melimpah. Tapi mengapa rakyat indonesia masih miskin?

Indonesia Negeri yang dikaruniai kekayaan alam yang melimpah ruah ini memaksa dunia untuk menjulukinya sebagai The Super Biodiversity State. Hutan Indonesia memiliki 12% dari jumlah spesies binatang menyusui/mamalia, pemilik 16% spesies binatang reptil dan ampibi, 1.519 spesies burung dan 25% dari spesies ikan dunia. Sebagian diantaranya adalah endemik atau hanya dapat ditemui di daerah tersebut (www.walhi.or.id, Hutan Indonesia Menjelang Kepunahan, 14/04/04).
Menurut buku World in Figure 2003, Penerbit The Economist,USA data kekayaan Indonesia adalah: Penghasil Biji-bijian terbesar no 6; Penghasil Teh terbesar no 6; Penghasil Kopi no 4; Penghasil Cokelat No 3; Penghasil Minyak Sawit (CPO) No 2; Penghasil Lada putih No 1. lada hitam No 2; Penghasil Puli dari buah Pala No 1; Penghasil Karet Alam No 2,Karet Sintetik No 4; Penghasil Kayu Lapis No 1 (pengekspor 80% didunia); Penghasil ikan no 6; Penghasil Timah No 2; Penghasil Batu Bara No 9; Penghasil Tembaga No 3; Penghasil Minyak Bumi No 11; Penghasil Natural Gas No 6, LNG (gas alam cair) No 1 (20% dari suplai seluruh dunia); Penghasil Emas no 8 dan bahan tambang lainnya. (http://km.itb.ac.id, Arah Teknologi Kita, 26/06/2006).

Membaca fakta ini bulu kuduk gw merinding. Lebih merinding ketimbang ngeliat kuntilanak secara langsung. “Emank pernah ngeliat kuntilanak fer?”. Ngga seh tapi gw anggap az muka kuntilanak itu seperti muka lo. Ngga beda jauhkan? Ya 11 ,12 lh. Gimana nggak indonesia mencatat prestasi yang luar biasa dalam sumber daya alamnya. Tapi mengapa rakyat Indonesia masih miskin? Lagi2 pertanyaan itu keluar dalam benak gw.

Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya tapi juga kaya akan keindahan alam, seni n’ kulinernya. Tak terbantahkan lagi klo alam Indonesia sangat indah. Tapi mengapa pendapatan dlm sektor wisata kita masih kecil. Dalam seni kita banyak memiliki peninggalan2 seni dan seniman2 yg berkualitas yg berprestasi di dunia internasional. Bahkan kesenian asli daerah kita diakui menjadi milik Negara tetangga seperti; reog dan beberapa lagu daerah kita. Dalam kuliner kita memiliki ribuan menu makanan khas Indonesia yg tidak diragukan lagi kelezatanya, (apalagi klo yang masak emak gw). Tapi lagi2 makanan Indonesia diakui oleh Negara tetangga seperti : laksa singapura, rendang selangor, sate johor atau tahu n’ tempe yg diakui sebagai makanan khas dijepang. Terus ada lagi pakasam perancis, empek2 meksiko, kerak telor swiss, pais pisang belgia. “Nah kenapa timbul meranyau ?”…. Suka2 gw dong, gw yang nulis.

Dan gw sempet bingung mengapa dengan kekayaan Indonesia yg sgt luar biasa ini, rakyat indonesia masih berada dalam garis kemiskinan. Malah semakin hari, makin banyak saja rakyat indonesia yg menjadi miskin. Apakah rakyat Indonesia adalah rakyat yg bodoh?. Gw rasa tidak!!! Banyak generasi muda kita yg mengharumkan nama Indonesia dalam ajang olimpiade sains internasional. (salah satunya ferry irawan, dari banjarmasin…hihii ngarep). Dunia sdh mengakui bahwa rakyat indonesia itu cerdas!!! Tapi mengapa rakyat indonesia masih dalam keadaan miskin? Pertanyaan itu lg2 membwt gw bingung. “bingung?” ya bingung, dengan SDA yg melimpah dan SDM yg mumpuni. mengapa Indonesia belum bisa bangkit dari kemiskinan. Aneh kan? Sangat aneh!!!

Oh ya gw lagi2 dibwt terkesima oleh Indonesia. Setelah SDA kita yg diambil oleh asing dgn sukarela. Lagi2 kaum terpelajar kita direkrut oleh asing utk dimanfaatkan. “kok bisa?” ya bisa, Karena para Negara asing memberikan beasiswa kepada pelajar2 kita yg berprestasi utk menimba ilmu dinegaranya. “lohhh, itu kan malah bagus. Dia bisa kuliah secara gratis. Dan mendapat ilmu yang berkualitaskan.” Iya bener, tapi setelah dia selesai kuliah disana, Negara itu langsung memberikan penawaran pekerjaan kepada pelajar itu utk bekerja disana. Kaum terpelajar kita disana mungkin segan utk menolak. Ga enak kan sudah kuliah gratis, ditawarkan pekerjaan kok malah nolak. “Jadi seperti kacang lupa sama kulitnya kan” Penawaran yg sangat menjajikan memang, tapi sadar gak? Klo semua org cerdas bekerja diluar lalu siapa yg membangun Indonesia. Walaupun ga semua siihh para generasi muda kita mengabdi kepada negara lain, tapi lambat laun para kaum terpelajar itu akan tergoda utk bekerja diluar, dengan gaji yg besar dan fasilitas yg lengkap.

Mendapat kenyatan seperti ini sepertinya wajar klo gw ingin memberi predikat kepada indonesia sebagai “NEGARA PALING DERMAWAN DIDUNIA”. ada yg protes sama gw???

Mantan Menteri Lingkungan Hidup selama 15 tahun, Prof Emil Salim, menyatakan, kekayaan Indonesia sebagai negara tropis tak terbantahkan. Salah satu temannya dari negara lain pernah berujar, penduduk Indonesia ibaratnya duduk di atas "peti emas" tetapi tidak tahu letak kunci pembuka kotak. "Ia bilang bahwa letak kunci itu ada di otak, sementara sambil bilang “maaf, ia katakan otak bangsa kita itu konyol. Kekayaan Indonesia yang luar biasa itu justru terus dinikmati negara-negara maju”. Iya kalau Cuma dinikmati tapi ini juga diakui sebagai miliknya malah, sampai2 ada yg mematenkan lagi… bussssyeeet dahhhh

Ayo Indonesia bangkitlah aku sangat mencintaimu. Bangkitlah seperti majapahit yg menguasai nusantara. Bangkitlah pemerintah,!!! Nasib 200 juta rakyat ada dipundakmu. Gw yakin klo Indonesia bisa berhasil menjadi macan dunia. Dan harapan seluruh rakyat berada di ujung keputusan mu. Berikalah kebijakan yg terbaik utk rakyat.

BERSAMBUNG…..
Mau tahu apa yg menjadi akar permasalahan Indonesia tidak dpt bangkit dari kemiskinan
Dan mengapa Indonesia tidak dpt memaksimalkan SDM dan SDAnya????
Coming soon : “Indonesia, Negara terkaya didunia Part II”

Rabu, 08 Juli 2009

siapakah idola loe???


Alhamdulillah akhirnya aku bisa nulis lagi… dan aku juga sangat bersyukur akhirnya bisa lulus UN. “Nikmat tuhan manakah yg kau dustakan.” (Ar-Rahman;13)
Sempat bingung mau nulis apa. Kalo yg rada keras takut dipenjara kaya Prita. Ckckck zaman udah modern kaya sekarang, kok kebebasan berpendapat masih dikekang yaaa..

Ya udah akhirnya aku berpikiran untuk menulis tentang idola. Salah satu komponen yg merubah n’ memotivasi kita untuk menjadi lebih baik. Kalo ada orang nanya tentang idola dengan kalian pasti jawaban akan berbeda setiap orangnya. mungkin kalo suka film kartun ada yg mengidolakan avatar, naruto atau malah dora. It’s okey mereka semua mungkin lucu n’ hebat. Ato mungkin ada yg suka film fiktif bin membunguli, mungkin ada yg mengidolakan wolferine, transformer, spiderman ato malah terminator. Yg suka bola mungkin suka CR7 ato kaka. Ato mungkin juga ada yg suka serial drama korea, pasti banyak cewe2 yg mengidolakan aktor2 Korea yg mukanya ga beda jauh sama aku. Ato mungkin ada yg ngidolain bgt Michael Jackson.

Tapi tahukah anda kalo memilih idola juga diperlukan syarat2 yg harus mereka penuhi. Klo Cuma modal cakep doang mah, akupun pantas dibilang idola. “narsis banget loe fer?” ya suka2 aku dong, aku yg nulis.

Ini setidaknya ada beberapa hal yg kalian harus penuhi untuk menjadikan seseorang menjadi idola kalian:

1. TERBUKTI ADA
Klo sosoknya ngga nyata ato cuma khayalan aja untuk apa sih dijadikan idola. Mending lu ngidolain panci aja, kan karena dia lu bisa makan…”jayus banget lu fer” maklum sob mungkin ini efek dari insom ku. So, yg ngidolain avatar n’ sejenisnya. Ada baiknya kalian cari idola baru deh…

2. MEMILIKI KEUTAMAAN UNTUK MERUBAH DIRI KITA
Klo cuma cakep, keren, cool, n’ lain sebagainya, aja mah menurut aku belum cukup. Klo dia cakep, apa dia bisa merubah muka kita juga cakep juga. Ngga kan.. klo dia baik apa dia bisa merubah diri kita baik juga (mungkin bisa sih)hahay… tapi kalo ngidolain sesorang tapi gak bisa ngebuat kita berubah buat apa???

3. BERKONTRIBUSI POSITIF UNTUK PERADABAN DUNIA
Seandainya Spiderman, batman, n’ ironman itu nyata mungkin aku akan mengidolakan mereka. Karena dia adalah sosok pahlawan yg menyelamatkan dunia dari kejahatan. Tapi nyatanya mereka hanya fiktif. Lalu siapakah orang yg berkontribusi positif untuk dunia.??? Tanya aja sama om goggle..hihi

4. BISA DITIRU
Syarat ini mungkin terlalu mudah untuk diwujudkan daripada syarat2 yg lain. Karena semua manusia bisa ditiru, mulai dari dandanan, gaya hidup, kebiasaan, sampai sifat mungkin. Tapi saranku pilih yg terbaik untuk kita tiru.

5. BISA MENYELAMATKAN KITA DUNIA N’ AKHIRAT
Menurut ku inilah syarat yg paling susah untuk diwujudkan untuk para calon idola agar bisa menjadi idola. Mungkin saja mereka dapat menyelamatkan anda didunia dengan materi, kasih sayang ato apalah mungkin. Tapi apakah dia bisa menyelamatkan anda diakhirat? Apakah dia bisa menjamin anda bisa masuk surga???

So, masihkah anda mengidolakan mereka. Klo berubah pikiran untuk mencari idola yg baru. Lekas cari yg baru deh.. karena idola juga memiliki andil yg cukup besar untuk merubah diri kita menjadi lebih baik..

Tapi klo kalian masih bingung idola mana yg cocok untuk kalian. Tunggu beberapa hari lagi. InsyaAllah aku merekomendasikan seseorang untuk dijadikan idola buat kalian
Jangan tapi serius membacanya. Liur titikan tu nah..hahay

…Bersambung…

Let’s visit my blog: makhluknyata.blogspot.com
Kunjungi Blog keren kawanku: mafahimcenter.wordpress.com

Senin, 06 Juli 2009

Lucu yaa...


Lucu yaa…
Kita takut sekali miskin
Padahal kita lahir didunia tidak membawa apa2

Lucu yaa…
Kita dengan mudah membelanjakan uang buat nongkrong di resto n’ cafe
Tapi kita begitu berat bersedekah walaupun cuma seribu

Lucu yaa…
Sudah banyak novel best-seller berhalaman tebal yg telah kita baca
Tapi sangat jarang kita meng-khatamkan Al Quran

Lucu yaa…
Kita sangat ingin berisan terdepan dalam konser musik
Tapi kita memilih saf paling belakang waktu sholat jumat, biar lekas pulang

Lucu yaa…
Kita sangat bersemangat bangun tengah malam untuk melihat pertandingan bola
Tapi kita sangat berat bangun tengah malam untuk sholat tahajud

Lucu yaa…
Kita memakai baju mahal n’ modis ketika ingin jalan ke Mall
Tapi kita memakai baju seadanya ketika sholat

Lucu yaa…
Kita jarang memperdulikan penampilan kita ketika menghadap Allah
Tapi kita selalu bolak-balik berkaca ketika ingin bertemu seseorang yg disukai

Lucu yaa…
Kita menjadi lupa waktu kalo sudah buka FB, Ym, n’ lain2
Tapi begitu singkat ketika kita melakukan sholat

Lucu yaa…
Kita takut sendiri
Padahal kita merasa kesepian saat berada dirahim ibu

Lucu yaa…
Puluhan lagu mungkin kita sudah hafal diluar kepala
Tapi hadis2 rasulullah mungkin satupun kita tidak hafal

Lucu yaa…
Kita acap kali bernyanyi n’ bersenandung dalam satu hari
Tapi kita sangat jarang berdzikir mengingat-Nya

Lucu yaa…
Kita takut kelaparan n’ tidak membawa apa2
Padahal apa yg kita miliki hari ini hanyalah sebuah pemberian

Lucu yaa…
Kita mengucapkan banyak2 terima kasih ketika seseorang memberikan sesuatu yg kita inginkan
Tapi kita sering lupa mengucapkan Alhamdulillah saat kita bangun pagi dalam keadaan sehat

Lucu yaa…
Kita berjam-jam menghabiskan waktu buat menonton TV
Tapi kita sulit meluangkan waktu untuk mendengarkan ceramah agama

Lucu yaa…
Kita hafal nama2 distro terkenal
Tapi kita mungkin lupa nama2 mesjid dikota kita

Lucu yaa…
Kita takut kehilangan benda2 berharga
Padahal apa yg kita miliki hanyalah titipan belaka

Lucu yaa…
Kita selalu ingin tampil gaul n’ eksis dalam pergaulan
Tapi kita melakukan seadanya dalam memperbanyak amal

Lucu yaa…
Kaum muslim sekarang mudah sekali dijajah oleh bangsa asing
Padahal selama berabad-abad kaum muslimin menguasai dunia n’ sangat ditakuti

*Sebagian dari pengalaman pribadi…hiihi*
Let’s visit my blog: makhluknyata.blogspot.com

seandainya


Seandainya aku jadi orang kaya,
Mungkin aku akan hidup bahagia
Namun tak ada yang bisa menjamin kamu bisa masuk surga
Karena harta yang kamu miliki akan dimintai pertanggungjawabannya

Seandainya aku menjadi burung,
Mungkin aku bisa terbang bebas kemana saja
Tapi kamu tak bisa bernapas lega
Karena kamu bernapas dengan kantung udara yang menyesakkan dada

Seandainya aku cantik/tampan,
Mungkin banyak orang yang suka padaku
Namun apakah ALLAH suka terhadapmu
Karena kecantikan yg kamu miliki membuat mu lupa terhadap–Nya

Seandainya aku menjadi pelangi,
Mungkin banyak orang yang iri terhadapku
Tapi kamu hanya fatamorgana
Karena keindahanmu hanya bisa dilihat, tanpa bisa dimiliki

Seandainya orang tuaku orang ternama
Mungkin aku akan disegani orang lain
Tapi apakah kamu pantas disegani
Karena kamu hanya menikmati hasil dari orang tuamu

Berhentilah berpikiran untuk mernjadi orang lain
Karena kita diciptakan berbeda dari milyaran manusia lain
Karena kita memiliki kelebihan yang berbeda dari orang lain
Jadilah dirimu sendiri kawan
ALLAH menciptakan mahluknya berbeda satu sama lain
Dan kamu tak akan mungkin menjadi orang lain

Sabtu, 20 Juni 2009

Kiat gokil sholat tahajud


“Bangunlah untuk shalat di malam hari kecuali sedikit daripadanya. Yaitu seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Alquran dengan perlahan-lahan.” (Al-Muzammil [73]: 2-4). Menurut surah diatas sepertinya jelas bahwa tahajud adalah ibadah utama setelah sholat wajib lima waktu. Terkadang banyak orang ingin sekali mendisiplinkan untukk melakukannya tapi terkadang sangat sulit untuk memulainya, terlebih untuk bangun dimalam hari.


Sebelum aku memberikan beberapa tips jitu yang “cukup menyesatkan” ada baiknya kita lihat beberapa hikmah dalam mengerjakan tahajud.


  1. Dibanggakan Allah di hadapan para malaikat

  2. menjauhkan diri dari kelalaian hati,

  3. saat sepertiga malam adalah waktu utama diijabahnya doa.

  4. hati menjadi lapang dan bahagia.

  5. mendatangkan kecintaan Allah.

  6. menyebabkan muka berkilau dan bercahaya.

  7. menangkal penyakit fisik.



Busyeeet dahhh, keutamannya banyak juga ya sob. Dan mungkin masih banyak lagi keutaman2 yang Allah berikan kepada para hambanya yang masih belum kita ketahui.


Allah sangat menyukai hambanya yang bangun tengah malam dan melakukan tahajud, tapi yang memberatkan bagi kita. Kita cukup sulit untuk bangun tengah malam. Banyak orang menyarankan utk menggunakan jam weker sebelum tidur. Tapi setelah dicoba berkali-kali malah ga mempan. Karena aku sering jalan sendiri waktu tidur, Cuma kadang2 seh… Jangankan Cuma matiin jam weker, maling ngetuk jendela az aku bukain..


Maka dari itu aku harus memikirkan buat ngakalin diri sendiri dan akhirnya bisa juga ngibulin diri sendiri. Ini neh aku berikan beberapa tips, walaupun ga semuanya berhasil seeeh. Tapi setidaknya, aku bisa berbagi neh sama kalian. Mudahan ada hikmahnya aja,,,,


  1. Minum air putih banyak2. selain bagus bwt kesehatan, air putih juga bisa membwt kita jadi sering pergi ke-Wc pas tengah malam. Tapi klo itu az seeehh mah blm cukup, sebelum tidur ada baiknya kita gantung kain putih mrip pocong diWc. InsyaAllah mata kita ga akan ngantuk lagi, karena mata akan bekerja aktif jika mengalami kejadian yg membuat kita terkejut..

  2. Berdoa kepada Allah agar bisa dibangunkan tengah malam . InsyaAllah Allah akan mengabulkan doa kita… *serius mode: ON*

  3. Klau kita terbiasa tidur dalam kamar yg nyaman maka biasakanlah tidur dtempat yg tdk nyaman.

  4. Anggap az tengah malam nanti akan ada final Liga Champions antara MU Vs Sriwijaya fc. Kita pasti semangat bgggt sob bwt bangun.

  5. Jangan makan malam terlalu banyak, karena makan terlalu banyak membuat kita tidur nyenyak dan malas untuk bangun.

  6. Anggap azz besok kita sudah tiada dan kita pasti masuk neraka tanpa dihisab. Niscaya mau tidak mau kita bangun utk tahajud.

  7. Kalau bisa kita tidur siang dan tidak terlalu capek pada siang hari. Jangan main bola siang2 kena uyuh malamnya. *meepek diri sendiri*

  8. Dan yg sangat penting niatkan dengan kuat utk melakukan tahajud. Beniat tahjud za sdh bepahala, lumayan loooo….

Sepertinya ini aja deh tips2 dari aku buat bisa bangun tahajud. Walaupun aku mempunyai bnyak tips yg aneh kaya ini, tapi jujur aku sulit banget mendisiplinkan diri buat ngerjakannya terus menerus. Maka dari itu ada baiknya klo temen2 bisa berbagi tips dengan memberikan coment diNotes ini sehingga kita bisa bersama2 mempraktekkannya.


syukron