Senin, 13 Juli 2009

Indonesia negara terkaya Part II (FORUM DISKUSI)


(FORUM DISKUSI)
Alhamdulillah akhirnya aku bisa ngelanjutin sambungan artikelku sebelumnya: “Indonesia Negara terkaya didunia”. Masalahnya akhir2 ini sibuk banget sob, sibuk ngelamun ama tidur.
Kekayaan alam Indonesia, mestinya menjadi satu kebanggaan bagi bangsa yang berpenduduk 200 juta ini. Namun realitas ini seolah menjadi fatamorgana, ketika bangsa Indonesia hanya bisa “melongo” saat menyaksikan PT.Freeport sejak era Soeharto mengeruk kekayaan Indonesia di Papua.
Berbagai usaha telah dilakukan oleh sejumlah elemen bangsa (termasuk pemerintah) untuk membangkitkan Indonesia dari keterpurukannya. Namun, nampaknya usaha itu seolah menjadi angin lalu yang belum atau bahkan sulit untuk mewujudkan impian seluruh masyarakat Indonesia, khususnya ummat Muslim. Lalu mengapa hal itu bisa terjadi?
Semenjak corak perekonomian berubah arah menuju Kapitalistik, bahkan belakangan menjadi lebih liberal, sedikit demi sedikit berbagai asset negara dijual kepada asing dengan alasan memperbaiki kinerja dan penyelamatan APBN. Hal ini sangat nampak terutama saat Presiden Megawati memimpin negeri ini. Padahal, sudah jelas dalam UUD pasal 33 dijelaskan bahwa seluruh asset yang menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai negara dan digunakan sebesar-besar kemakmuran rakyat. Sebagai contoh, PT Freeport yang sudah mengangkangi tambang emas terbesar di dunia ini, telah bercokol di Indonesia sudah lebih dari setengah abad. Pemasukan yang diperoleh Freeport McMoran dari PT Freeport Indonesia, dan PT. Indocopper Investama (keduanya merupakan perusahaan yang beroperasi di Pegunungan Tengah Papua) mencapai 380 juta dollar (hampir 3.8 trilyun) lebih untuk tahun 2004 saja. (www.walhi.or.id) Selama 3 tahun hingga tahun 2004, total pengasihan PT. Freeport kepada Republik Indonesia hanya kurang lebih dari 10-13 % pendapatan bersih di luar pajak atau paling banyak sebesar 46 juta dollar (460 milyar rupiah) (idem). Belum lagi penguasaan blok cepu oleh Exxon Mobile, di mana Indonesia benar-benar dipermalukan dengan prosentase keuntungan untuk negeri ini hanya sebesar 0% ! hanyaaa???
Padahal, berdasarkan hasil survey yang dilakukan oleh Lingkaran Survey Indonesia, Masyarakat Indonesia sebagian besar tidak setuju (69.7%) munculnya perusahaan asing yang mengelola kekeyaaan alam Indonesia. Hanya 9.7% yang setuju / sangat setuju. Alasan ketidaksetujuan, sebagian besar (32.2%) karena kekayaan alam itu berada di Indoensia sudah selayaknya kekayaan alam itu dikelola oleh perusahaan asal Indonesia.( www.lsi.co.id. 11/08/2006)
Bila saja seluruh asset ini benar-benar dikelola oleh negara, maka Insya Allah, biaya pendidikan mulai dari TK hingga Perguruan Tinggi sangat mungkin menjadi gratis, paling tidak murah. Dan kemiskinan dan pengangguran yg sekarang melekat pada bangsa kita sangat mungkin dapat teratasi.
Dalam sebuah artikel khusus harian Republika dilaporkan bahwa omset tahun 1993 dari 14 konglomerat Indonesia terbesar yang tergabung dalam grup Praselya Mulya, diantaranya Om Liem (Salim Group), Ciputra (Ciputra Group), Mochtar Riady (Lippo Group), Suhargo Gondokusumo (Dharmala Group), Eka Tjipta (Sinar Mas Group) mencapai 47,2 trilyun rupiah atau 83 % APBN Indonesia tahun itu (Purnawanjati,Siddiq. Membangun Ekonomi Alternatif Pasca Kapitalisme). Ini menandakan, bahwa lebih dari 80 % perputaran uang di Indonesia, hanya berkutat pada segelintir orang saja. Sementara sisanya, terbagi ke seluruh wilayah di Indonesia dengan penduduknya sejumlah 200 juta jiwa. Maka wajar apabila kemiskinan semakin merajalela, memperbesar jurang antara si kaya dan si miskin.
-AKAR MASALAH DAN SOLUSINYA-.
Setelah melihat fakta yg bisa sedikit aku sajikan diatas, mungkin para pembaca artikel ini bisa menarik kesimpulan bahwa apa yg menjadi akar permasalahan keterpurukan bangsa kita. Aku disini tidak akan menulis apa yg menjadi akar masalah dan bagaimana solusinya untuk mengatasi keterpurukan bangsa ini. Karena aku ingin meminta partisipasi dari para pembaca artikel ini untuk menulis pemikiran kalian untuk bangsa KITA ini, sehingga kita dapat menarik kesimpulan dari berbagai sudut pandang yg menilai keterpurukan bangsa kita.
Sebelum dimulai forum diskusi ini diharapkan para pembaca bisa mematuhi aturan yg aku buat sehingga, forum ini bisa menjadi hidup dan sehat, diantaranya adlh:
1. Seseorang tidak boleh mengeluarkan pendapat yg berhubungan dengan SARA (Suku, Agama, Ras, n’ Antar GOLONGAN)
2. Seseorang diharapkan menyampaikan pendapat secara singkat, sederhana dan jelas. Kecuali, jika anda bisa mengeluarkan data2 empiris(boleh z tepanjang sedikit). Tapi kalo hanya menyampaikan kalimat argumentasi saja, diharapkan singkat dan jangan tebulik2
3. Dilarang memberikan pendapat dengan nada emosi, apalagi menghina, mengejek, n’ mengecam pendapat orang lain. Karena disini bukan ajang debat. Hanya sekedar mengukur apakah generasi muda sekarang sudah kritis dlm menghadapi permasalahan bangsa
4. Seseorang dapat menyanggah pendapat orang lain. Dengan cara mempertegas pendapat anda sebelumnya, ataupun merespon pendapat orang lain, tetapi dilarang menyalahkan pendapat mereka. Dan tidak diperkenankan melakukan aksi intervensi yg menyatakan pendapat kitalah yg paling benar dan semua orang harus mengikuti pendapat kita. Bila anda ingin menyatakan bahwa pendapat andalah yg terbaik untuk bangsa ini, dan diharapkan semua orang mengikuti pendapat anda. Diharapkan anda tidak melakukan hal itu diforum ini. Silahkan anda melakukan pemahaman2 pemikiran itu diluar forum ini. Karena forum ini hanya untuk melihat pendapat semua orang tentang masalah bangsa ini dari berbagai sudut pandang.
Oh iya disini aku bertindak sebagai moderator (hahay) yg bersikap netral. Dan mengawasi jalannya forum ini, tapi aku kada mungkin pang OL tarus(habis duit dingsanak). Jadi dimohon agar yg ingin memberikan pendapat bisa mematuhi peraturan2 diatas.
Diharapkan partisipasi kalian semua disini. Bila memang kalian mencintai bangsa ini. Memang terlihat sangat rendah rasanya, menilai rasa cinta negara ini dengan cuma sekedar memberikan komentar pada artikel ini. Tapi setidaknya dari hal kecil inilah dapat terlihat siapa yg mencintai negara ini (dengan berusaha memberikan pendapat kenapa dan apa solusinya, mengapa bangsa ini terpuruk) atau yg cuma bisa omong doang ongkang2 kaki merasa tidak ada masalah dinegara ini. Jika memang anda merasa pendapat anda sudah terwakili. Mohon tetap memberikan pendapat anda, karena disini kuantitas (jumlah pendapat yg sama) juga berpengaruh nantinya dalam mengambil kesimpulan..(hahay)
Diharapkan kita semua dapat menemukan titik temu atas persoalaan yg sekarang melanda bangsa kita. InsyaAllah aku akan memberikan kesimpulan atas pendapat2 anda nantinya, sehingga nantinya generasi muda seperti kita ini bisa mampu membawa nasib bangsa kedepan menjadi lebih baik, karena kita sudah mengetahui apa yg menjadi akar masalah dan solusinya atas keterpurukan negara kita.
Nb: Ini bukan untuk muslim saja, yg non-muslim pun bisa memberikan pendapatnya... Yg ngga di-tagpun berhak memberikan pendapat...
Let’s visit my blog: makhluknyata.blogspot.com
Blog temen yg isinya keren: mafahimcenter.wordpress.com

Indonesia, Negara terkaya di dunia..


Sekarang gw baru sadar klo INDONESIA ADALAH NEGARA TERKAYA DIDUNIA. mungkin pernyataan gw ini sangat kontroversial. Lebih kontroversial ketimbang Dani ahmad berhasil menjadi presiden RI. Dan sepertinya para buruh2 bangunan sdh nyiapin batu bata bwt nimpuk kpla gw n’ para pengemis sdh berdemo didepan rumah menuntut gw mengklarifikasi kta2 gw, bussssyeeet daaaahhh. Mungkin banyak hujatan yg gw dapat, seperti: ‘tu mulut ga pernah diruqiyah ya’ ato ‘gila lo fer, emak lo ngidam apa seh jadi bisa ngelahirin anak mutan kaya lo ini’

Santai bro, gw ga cari sensasi kok. Gw ga akan ngomong klo ga ada bukti kok. Karena moto hidup gw adlh “talk less, do more” (maksa banget). Gw dpt ide nulis ini setelah browsing2 n’ dpt artikel yg membwt gw miris bgt. Karena ternyata Indonesia itu kaya bangeeett. Tapi mengapa rakyatnya keliatannya masih miskin. “keliatan lo bilang fer?” eh salah rakyat Indonesia masih miskin.

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar didunia yg terdiri dari 17.504 pulau. Bisa dibayangkan ga, berapa ton iwak seluang lawan pepuyu yg bisa dipanen dlm setahun di 17.504 pulau itu? (Jayus am). Indonesia memiliki panjang pantai sekitar 81ribu km2 n’ yang pasti perairan kita sgt luas dan sumber kelautan kita pasti sgt melimpah. Tapi mengapa rakyat indonesia masih miskin?

Indonesia Negeri yang dikaruniai kekayaan alam yang melimpah ruah ini memaksa dunia untuk menjulukinya sebagai The Super Biodiversity State. Hutan Indonesia memiliki 12% dari jumlah spesies binatang menyusui/mamalia, pemilik 16% spesies binatang reptil dan ampibi, 1.519 spesies burung dan 25% dari spesies ikan dunia. Sebagian diantaranya adalah endemik atau hanya dapat ditemui di daerah tersebut (www.walhi.or.id, Hutan Indonesia Menjelang Kepunahan, 14/04/04).
Menurut buku World in Figure 2003, Penerbit The Economist,USA data kekayaan Indonesia adalah: Penghasil Biji-bijian terbesar no 6; Penghasil Teh terbesar no 6; Penghasil Kopi no 4; Penghasil Cokelat No 3; Penghasil Minyak Sawit (CPO) No 2; Penghasil Lada putih No 1. lada hitam No 2; Penghasil Puli dari buah Pala No 1; Penghasil Karet Alam No 2,Karet Sintetik No 4; Penghasil Kayu Lapis No 1 (pengekspor 80% didunia); Penghasil ikan no 6; Penghasil Timah No 2; Penghasil Batu Bara No 9; Penghasil Tembaga No 3; Penghasil Minyak Bumi No 11; Penghasil Natural Gas No 6, LNG (gas alam cair) No 1 (20% dari suplai seluruh dunia); Penghasil Emas no 8 dan bahan tambang lainnya. (http://km.itb.ac.id, Arah Teknologi Kita, 26/06/2006).

Membaca fakta ini bulu kuduk gw merinding. Lebih merinding ketimbang ngeliat kuntilanak secara langsung. “Emank pernah ngeliat kuntilanak fer?”. Ngga seh tapi gw anggap az muka kuntilanak itu seperti muka lo. Ngga beda jauhkan? Ya 11 ,12 lh. Gimana nggak indonesia mencatat prestasi yang luar biasa dalam sumber daya alamnya. Tapi mengapa rakyat Indonesia masih miskin? Lagi2 pertanyaan itu keluar dalam benak gw.

Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alamnya tapi juga kaya akan keindahan alam, seni n’ kulinernya. Tak terbantahkan lagi klo alam Indonesia sangat indah. Tapi mengapa pendapatan dlm sektor wisata kita masih kecil. Dalam seni kita banyak memiliki peninggalan2 seni dan seniman2 yg berkualitas yg berprestasi di dunia internasional. Bahkan kesenian asli daerah kita diakui menjadi milik Negara tetangga seperti; reog dan beberapa lagu daerah kita. Dalam kuliner kita memiliki ribuan menu makanan khas Indonesia yg tidak diragukan lagi kelezatanya, (apalagi klo yang masak emak gw). Tapi lagi2 makanan Indonesia diakui oleh Negara tetangga seperti : laksa singapura, rendang selangor, sate johor atau tahu n’ tempe yg diakui sebagai makanan khas dijepang. Terus ada lagi pakasam perancis, empek2 meksiko, kerak telor swiss, pais pisang belgia. “Nah kenapa timbul meranyau ?”…. Suka2 gw dong, gw yang nulis.

Dan gw sempet bingung mengapa dengan kekayaan Indonesia yg sgt luar biasa ini, rakyat indonesia masih berada dalam garis kemiskinan. Malah semakin hari, makin banyak saja rakyat indonesia yg menjadi miskin. Apakah rakyat Indonesia adalah rakyat yg bodoh?. Gw rasa tidak!!! Banyak generasi muda kita yg mengharumkan nama Indonesia dalam ajang olimpiade sains internasional. (salah satunya ferry irawan, dari banjarmasin…hihii ngarep). Dunia sdh mengakui bahwa rakyat indonesia itu cerdas!!! Tapi mengapa rakyat indonesia masih dalam keadaan miskin? Pertanyaan itu lg2 membwt gw bingung. “bingung?” ya bingung, dengan SDA yg melimpah dan SDM yg mumpuni. mengapa Indonesia belum bisa bangkit dari kemiskinan. Aneh kan? Sangat aneh!!!

Oh ya gw lagi2 dibwt terkesima oleh Indonesia. Setelah SDA kita yg diambil oleh asing dgn sukarela. Lagi2 kaum terpelajar kita direkrut oleh asing utk dimanfaatkan. “kok bisa?” ya bisa, Karena para Negara asing memberikan beasiswa kepada pelajar2 kita yg berprestasi utk menimba ilmu dinegaranya. “lohhh, itu kan malah bagus. Dia bisa kuliah secara gratis. Dan mendapat ilmu yang berkualitaskan.” Iya bener, tapi setelah dia selesai kuliah disana, Negara itu langsung memberikan penawaran pekerjaan kepada pelajar itu utk bekerja disana. Kaum terpelajar kita disana mungkin segan utk menolak. Ga enak kan sudah kuliah gratis, ditawarkan pekerjaan kok malah nolak. “Jadi seperti kacang lupa sama kulitnya kan” Penawaran yg sangat menjajikan memang, tapi sadar gak? Klo semua org cerdas bekerja diluar lalu siapa yg membangun Indonesia. Walaupun ga semua siihh para generasi muda kita mengabdi kepada negara lain, tapi lambat laun para kaum terpelajar itu akan tergoda utk bekerja diluar, dengan gaji yg besar dan fasilitas yg lengkap.

Mendapat kenyatan seperti ini sepertinya wajar klo gw ingin memberi predikat kepada indonesia sebagai “NEGARA PALING DERMAWAN DIDUNIA”. ada yg protes sama gw???

Mantan Menteri Lingkungan Hidup selama 15 tahun, Prof Emil Salim, menyatakan, kekayaan Indonesia sebagai negara tropis tak terbantahkan. Salah satu temannya dari negara lain pernah berujar, penduduk Indonesia ibaratnya duduk di atas "peti emas" tetapi tidak tahu letak kunci pembuka kotak. "Ia bilang bahwa letak kunci itu ada di otak, sementara sambil bilang “maaf, ia katakan otak bangsa kita itu konyol. Kekayaan Indonesia yang luar biasa itu justru terus dinikmati negara-negara maju”. Iya kalau Cuma dinikmati tapi ini juga diakui sebagai miliknya malah, sampai2 ada yg mematenkan lagi… bussssyeeet dahhhh

Ayo Indonesia bangkitlah aku sangat mencintaimu. Bangkitlah seperti majapahit yg menguasai nusantara. Bangkitlah pemerintah,!!! Nasib 200 juta rakyat ada dipundakmu. Gw yakin klo Indonesia bisa berhasil menjadi macan dunia. Dan harapan seluruh rakyat berada di ujung keputusan mu. Berikalah kebijakan yg terbaik utk rakyat.

BERSAMBUNG…..
Mau tahu apa yg menjadi akar permasalahan Indonesia tidak dpt bangkit dari kemiskinan
Dan mengapa Indonesia tidak dpt memaksimalkan SDM dan SDAnya????
Coming soon : “Indonesia, Negara terkaya didunia Part II”

Rabu, 08 Juli 2009

siapakah idola loe???


Alhamdulillah akhirnya aku bisa nulis lagi… dan aku juga sangat bersyukur akhirnya bisa lulus UN. “Nikmat tuhan manakah yg kau dustakan.” (Ar-Rahman;13)
Sempat bingung mau nulis apa. Kalo yg rada keras takut dipenjara kaya Prita. Ckckck zaman udah modern kaya sekarang, kok kebebasan berpendapat masih dikekang yaaa..

Ya udah akhirnya aku berpikiran untuk menulis tentang idola. Salah satu komponen yg merubah n’ memotivasi kita untuk menjadi lebih baik. Kalo ada orang nanya tentang idola dengan kalian pasti jawaban akan berbeda setiap orangnya. mungkin kalo suka film kartun ada yg mengidolakan avatar, naruto atau malah dora. It’s okey mereka semua mungkin lucu n’ hebat. Ato mungkin ada yg suka film fiktif bin membunguli, mungkin ada yg mengidolakan wolferine, transformer, spiderman ato malah terminator. Yg suka bola mungkin suka CR7 ato kaka. Ato mungkin juga ada yg suka serial drama korea, pasti banyak cewe2 yg mengidolakan aktor2 Korea yg mukanya ga beda jauh sama aku. Ato mungkin ada yg ngidolain bgt Michael Jackson.

Tapi tahukah anda kalo memilih idola juga diperlukan syarat2 yg harus mereka penuhi. Klo Cuma modal cakep doang mah, akupun pantas dibilang idola. “narsis banget loe fer?” ya suka2 aku dong, aku yg nulis.

Ini setidaknya ada beberapa hal yg kalian harus penuhi untuk menjadikan seseorang menjadi idola kalian:

1. TERBUKTI ADA
Klo sosoknya ngga nyata ato cuma khayalan aja untuk apa sih dijadikan idola. Mending lu ngidolain panci aja, kan karena dia lu bisa makan…”jayus banget lu fer” maklum sob mungkin ini efek dari insom ku. So, yg ngidolain avatar n’ sejenisnya. Ada baiknya kalian cari idola baru deh…

2. MEMILIKI KEUTAMAAN UNTUK MERUBAH DIRI KITA
Klo cuma cakep, keren, cool, n’ lain sebagainya, aja mah menurut aku belum cukup. Klo dia cakep, apa dia bisa merubah muka kita juga cakep juga. Ngga kan.. klo dia baik apa dia bisa merubah diri kita baik juga (mungkin bisa sih)hahay… tapi kalo ngidolain sesorang tapi gak bisa ngebuat kita berubah buat apa???

3. BERKONTRIBUSI POSITIF UNTUK PERADABAN DUNIA
Seandainya Spiderman, batman, n’ ironman itu nyata mungkin aku akan mengidolakan mereka. Karena dia adalah sosok pahlawan yg menyelamatkan dunia dari kejahatan. Tapi nyatanya mereka hanya fiktif. Lalu siapakah orang yg berkontribusi positif untuk dunia.??? Tanya aja sama om goggle..hihi

4. BISA DITIRU
Syarat ini mungkin terlalu mudah untuk diwujudkan daripada syarat2 yg lain. Karena semua manusia bisa ditiru, mulai dari dandanan, gaya hidup, kebiasaan, sampai sifat mungkin. Tapi saranku pilih yg terbaik untuk kita tiru.

5. BISA MENYELAMATKAN KITA DUNIA N’ AKHIRAT
Menurut ku inilah syarat yg paling susah untuk diwujudkan untuk para calon idola agar bisa menjadi idola. Mungkin saja mereka dapat menyelamatkan anda didunia dengan materi, kasih sayang ato apalah mungkin. Tapi apakah dia bisa menyelamatkan anda diakhirat? Apakah dia bisa menjamin anda bisa masuk surga???

So, masihkah anda mengidolakan mereka. Klo berubah pikiran untuk mencari idola yg baru. Lekas cari yg baru deh.. karena idola juga memiliki andil yg cukup besar untuk merubah diri kita menjadi lebih baik..

Tapi klo kalian masih bingung idola mana yg cocok untuk kalian. Tunggu beberapa hari lagi. InsyaAllah aku merekomendasikan seseorang untuk dijadikan idola buat kalian
Jangan tapi serius membacanya. Liur titikan tu nah..hahay

…Bersambung…

Let’s visit my blog: makhluknyata.blogspot.com
Kunjungi Blog keren kawanku: mafahimcenter.wordpress.com

Senin, 06 Juli 2009

Lucu yaa...


Lucu yaa…
Kita takut sekali miskin
Padahal kita lahir didunia tidak membawa apa2

Lucu yaa…
Kita dengan mudah membelanjakan uang buat nongkrong di resto n’ cafe
Tapi kita begitu berat bersedekah walaupun cuma seribu

Lucu yaa…
Sudah banyak novel best-seller berhalaman tebal yg telah kita baca
Tapi sangat jarang kita meng-khatamkan Al Quran

Lucu yaa…
Kita sangat ingin berisan terdepan dalam konser musik
Tapi kita memilih saf paling belakang waktu sholat jumat, biar lekas pulang

Lucu yaa…
Kita sangat bersemangat bangun tengah malam untuk melihat pertandingan bola
Tapi kita sangat berat bangun tengah malam untuk sholat tahajud

Lucu yaa…
Kita memakai baju mahal n’ modis ketika ingin jalan ke Mall
Tapi kita memakai baju seadanya ketika sholat

Lucu yaa…
Kita jarang memperdulikan penampilan kita ketika menghadap Allah
Tapi kita selalu bolak-balik berkaca ketika ingin bertemu seseorang yg disukai

Lucu yaa…
Kita menjadi lupa waktu kalo sudah buka FB, Ym, n’ lain2
Tapi begitu singkat ketika kita melakukan sholat

Lucu yaa…
Kita takut sendiri
Padahal kita merasa kesepian saat berada dirahim ibu

Lucu yaa…
Puluhan lagu mungkin kita sudah hafal diluar kepala
Tapi hadis2 rasulullah mungkin satupun kita tidak hafal

Lucu yaa…
Kita acap kali bernyanyi n’ bersenandung dalam satu hari
Tapi kita sangat jarang berdzikir mengingat-Nya

Lucu yaa…
Kita takut kelaparan n’ tidak membawa apa2
Padahal apa yg kita miliki hari ini hanyalah sebuah pemberian

Lucu yaa…
Kita mengucapkan banyak2 terima kasih ketika seseorang memberikan sesuatu yg kita inginkan
Tapi kita sering lupa mengucapkan Alhamdulillah saat kita bangun pagi dalam keadaan sehat

Lucu yaa…
Kita berjam-jam menghabiskan waktu buat menonton TV
Tapi kita sulit meluangkan waktu untuk mendengarkan ceramah agama

Lucu yaa…
Kita hafal nama2 distro terkenal
Tapi kita mungkin lupa nama2 mesjid dikota kita

Lucu yaa…
Kita takut kehilangan benda2 berharga
Padahal apa yg kita miliki hanyalah titipan belaka

Lucu yaa…
Kita selalu ingin tampil gaul n’ eksis dalam pergaulan
Tapi kita melakukan seadanya dalam memperbanyak amal

Lucu yaa…
Kaum muslim sekarang mudah sekali dijajah oleh bangsa asing
Padahal selama berabad-abad kaum muslimin menguasai dunia n’ sangat ditakuti

*Sebagian dari pengalaman pribadi…hiihi*
Let’s visit my blog: makhluknyata.blogspot.com

seandainya


Seandainya aku jadi orang kaya,
Mungkin aku akan hidup bahagia
Namun tak ada yang bisa menjamin kamu bisa masuk surga
Karena harta yang kamu miliki akan dimintai pertanggungjawabannya

Seandainya aku menjadi burung,
Mungkin aku bisa terbang bebas kemana saja
Tapi kamu tak bisa bernapas lega
Karena kamu bernapas dengan kantung udara yang menyesakkan dada

Seandainya aku cantik/tampan,
Mungkin banyak orang yang suka padaku
Namun apakah ALLAH suka terhadapmu
Karena kecantikan yg kamu miliki membuat mu lupa terhadap–Nya

Seandainya aku menjadi pelangi,
Mungkin banyak orang yang iri terhadapku
Tapi kamu hanya fatamorgana
Karena keindahanmu hanya bisa dilihat, tanpa bisa dimiliki

Seandainya orang tuaku orang ternama
Mungkin aku akan disegani orang lain
Tapi apakah kamu pantas disegani
Karena kamu hanya menikmati hasil dari orang tuamu

Berhentilah berpikiran untuk mernjadi orang lain
Karena kita diciptakan berbeda dari milyaran manusia lain
Karena kita memiliki kelebihan yang berbeda dari orang lain
Jadilah dirimu sendiri kawan
ALLAH menciptakan mahluknya berbeda satu sama lain
Dan kamu tak akan mungkin menjadi orang lain