Halaman

Jumat, 15 Januari 2010

Indonesia kok jadi plagiat


Wooowww judulnya ekstrim juga yaaa. “Ga juga kok, karena gue ga akan berani ngomong kalo ga ada bukti, ingat kan moto hidup gw talk less, do more.”hi

Libur panjang kali benar-benar ga ada kerjaan, seharian paling cuma nonton tv doang, sampai-sampai bulu ketek gue mulai keliatan gimbal. Ditambah gue ga diberi uang sama sekali sama ortu, ngga kaya waktu masih sekolah dulu, ortu bisa beri 2 juta sehari buat jajan.hihi… Pernah terlintas dipikiran kalo gue embat aja dompet bokap, ya 200 juta kayanya cukup deh buat seminggu. “Tapi…. Ga jadi deh, kalo ketauan berabe urusan neh.. bisa-bisa ga dapat warisan..” kalo gue ngebobol ATM. Dosa ga ya ? kalaupun ga dosa ngebongkarnya gimana??? Apalagi satpam ATM di bank kumisnya lebat-lebat…ihh takuttt..

Ya udah deh gue terima aja nasib sebagai pengangguran dengan ikhlas. Tapi lagi-lagi yang membuat gue bosan idup, acara tv sekarang benar-benar ga kreatif dari pagi sampai siang cuma acara nyanyi-nyanyi, telinga ini serasa mulai terlihat jengah sama pemiliknya yang kerjaannya cuma dengerin lagu. Tak kurang ada sekitar 8 acara diTV menyajikan musik. Bingung gue rating acaranya kok masih tinggi-tinggi aja ya. Terus setelah itu sore hari sampai malam berganti genre menjadi acara kejar-kejaran ala termehek-mehek. Ga capek apa lari-larian tiap hari. iya klo cuma lari-lari, ini ditambah ada acara nangis-nangis n’ gampar muka segala lagi. Waaahhh tayangan yang kurang sehat tuch buat anak dibawah umur kaya gue.

Gue ngeliat ada gelagat yg aneh nie sama sinieas n’ pekerja entertain dinegeri kita. Ketika ada satu acara yang bisa booming n’ mendapatkan rating yg tinggi langsung acara tuch buru-buru ngebikin acara serupa. Ga kreatif banget sehhh, malu dong jadi plagiat..

Fenomena plagiat n’ memplagiatkan ternyata bukan baru-baru ini aja lo terjadi. Sebelumnya waktu zaman-zamannya sinetron mengharu biru tak kurang ada 100 judul sinetron yang ditengarai sebagai hasil plagiat. ‘Seratus judul sinetron fer ?’. “ya kurang lebih seperti itu lah, emanknya kenapa terlalu sedikit?” ‘ckckck’.

Nie gue kasih beberapa faktanya: Benci Bilang Cinta (Goong/Princess Hours-korean drama),Kau Masih Kekasihku (At The Dolphin Bay - taiwan drama), Pangeran Penggoda (Devil Beside You-taiwan drama), Pengantin Remaja(My Little Bride-korean drama), I love you, Boss!(Bright Girl's Success Story-korean drama), Liontin (Glass Shoes–Korean drama), Eneng n’ kaos kaki ajaib (doraemon), Demi cinta (endless love), Love (the outsiders), Pura2 kawin (full house), Kakak iparku 17 th (my sister in law 19), Ciuman pertama (itazura na kiss), Cinta fitri (pure love 19), Dan (the lord of the rings), Bukan diriku (anything for you), Cahaya (yokohama).

Sebenarnya seh masih banyak sinetron yang mirip dengan film luar, tapi gue males ngejabarinnya satu-satu takutnya tulisan ini jadi kepanjangan. Dan kayanya bukan cuma sinetron aja deh yang demen jadi plagiat. Tapi band indonesia juga ikut ambil andil untuk memeriahkan dunia plagiator Indonesia.

Dan yang menyedihkan band atau penyanyi itu merupakan band-band yang sudah besar dan merajai blantika music Inonesia contohnya: Cinta Ini Membunuhku = I Don't Love You-MCR. Diam Tanpa Kata = Awakening–Switchfoot, Andra-Sempurna = plagiat Kansas-Dust in the Wind, Bondan-Bunga = plagiat Mel C - Never Be The Same Again, Aura Kasih–Mari Bercinta = plagiat Eve ft.Sean Paul–Give It To Me, Joenar Arif-Rapuh = plagiat Leona Lewis/Jesse Mc.Cartney-Bleeding Love, Peterpan-Kisah Cintaku = plagiat OneRepublic - Say All I Need, Pinkan Mambo-Kekasih Yang Tak dianggap = plagiat Change The World (OST.Inuyasha), Changcuters- i love you bibeh = Rolling stones - hongki tonk women. Dan masih banyak lagi.

Tapi gue masih bangga sama Indonesia kok sob, karena ternyata kebudayaan Indonesia sangat kaya. Bahkan negara tetangga kita sangat iri terhadap kita hingga sampe-sampe mengakui apa yang sudah kita miliki. So, untuk para sinies dan pekerja entertaint lebih kreatif lagi ya om. Gue tau kok ngebuat sebuah acara n’ hasil karya itu ngga mudah. Tapi kalian pasti akan sangat bangga jika karya yang kalian buat murni dari pikiran anda. Orisinil itu memang lebih okeee sob!!!

Referensi: Google.com search: indonesia plagiat

(seorangpecundangyangcumaberaniberkata)
Juni2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar